SELAMAT DATANG, PIXEL COMPUTER MENYEDIAKAN ACCES INTERNET MURAH DAN CEPAT, KECEPATAN STABIL DENGAN KUOTA UNLIMITED, UNTUK RESERVASI HUBUNGI : FB : pixelmargasakti@yahoo.co.id<.

Rabu, 27 Juni 2012

Enkripsi Dengan Menggunakan Bilangan Biner

 

Enkripsi adalah sebuah cara untuk merubah atau mengacak sebuah Plainteks (Informasi Asli) ke Chiperteks (Informasi yang sudah disamarkan) agar sebuah informasi tersebut tidak bisa dibaca oleh orang lain tanpa sebuah pengetahuan tentang Enkripsi itu sendiri. Enkripsi telah digunakan 4000 tahun yang lalu oleh Bangsa Yunani untuk menyamarkan sebuah informasi agar ketika seorang kurir pengantar informasi tertangkap oleh musuh maka musuh itu akan bingung sendiri dengan informasi yang mereka dapatkan, enkripsi ini disebut Enkripsi Caesar. Berkembangnya zaman juga turut mengubah metode enkripsi, salah satunya dengan menggunakan Bilangan Biner. Untuk meng-Enkripsi informasi ke bilangan biner, Anda harus memahami dan penggunaan Sistem Bilangan Komputer dan Tabel ASCII (American Standard Code for Information Interchange) karena tabel inilah yang akan menuntun Anda dalam mengubah sebuah informasi menjadi sebuah bilangan biner. Berikut adalah cara mengubah sebuah informasi menjadi sebuah Bilangan Biner :

Langkah-Langkah untuk Enkripsi sebuah Informasi menjadi Bilangan Biner.

1. Pergunakan Tabel ASCII untuk meng-Enkripsi Informasi tersebut ke Bilangan Biner. Kenapa Pakai Tabel ASCII? karena rata-rata keyboard di komputer dan laptop Anda menggunakan Standar ASCII.

2. Pada Tabel ASCII, Lihatlah kolom dan baris tempat beradanya huruf/karakter yang ingin Anda pergunakan, misalnya C (Kolom 4 dan Baris 3).

3. Kolom dan Baris tempat beradanya huruf/karakter ini adalah sebuah Bilangan Hexadesimal jadi untuk itu Anda harus merubahnya ke Bilangan Desimal dahulu kemudian baru mengubahnya ke Bilangan Biner.

Berikut adalah Ilustrasi proses perubahan sebuah informasi menjadi sebuah bilangan biner, Pada ilustrasi ini Penulis mempergunakan kata "LOVE"

Tabel ASCII

Enkripsi Bilangan Biner L

Bilangan Biner O

Enkripsi Bilangan Biner V


Enkripsi Bilangan Biner E

Dari ilustrasi diatas kata "LOVE" akan menjadi seperti ini apabila dirubah menjadi bilangan biner : " 01001100 01001111 0110000 01000101". Enkripsi diatas belum 100% aman karena Enkripsi ini belum memakai metode atau memakai sebuah Algoritma tapi jangan khawatir ini sudah cukup bagi Anda untuk melindungi sebuah informasi karena tidak mudah merubah sebuah bilangan biner ke sebuah huruf/karakter tanpa pengetahuan tentang Sistem Bilangan Komputer dan Tabel ASCII ini.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar