SELAMAT DATANG, PIXEL COMPUTER MENYEDIAKAN ACCES INTERNET MURAH DAN CEPAT, KECEPATAN STABIL DENGAN KUOTA UNLIMITED, UNTUK RESERVASI HUBUNGI : FB : pixelmargasakti@yahoo.co.id<.

Minggu, 24 Juni 2012

CARA SETTING ACCESS POINT TP-LINK TL WA5210G

1. PEMANCAR

Cara Setting Akses Point TP-Link WA5210G " Pemancar dan Penerima (REPEATER) Versi 2
Selamat malam teman teman blogger, menindak lanjuti permintaan teman2 pengunjung setia blog saya ini, agar menampilkan gambar dalam postingan saya Cara Setting Akses Point TP Link WA5210G   nah postingan kali ini saya rasa cukup untuk mengobati rasa penasaran dengan dengan si Bongsor ini ya? Hahahahaha...
TP Link WA 5210G 1.1
 Pertama seperti biasa masuk ke web browser agan agan semua, Mozila, IE, Opera, dll... ketikkan IP address TP Link WA5210G 192.168.0.250 "saya sesuaikan dengan settingan saya" masukkan user dan password jika berhasil dan benar agan akan di hadapi dengan tampilan seperti gambar TP Link WA 5210G 1.1 diatas
TP Link WA 5210G 1.2

 Kemudian Klik pada Quiqk Setup ikuti pentunjuk seperti diatas gambar TP Link WA 5210G 1.2
TP Link WA 5210G 1.3
Jika Ingin menjadi Akses Point atau Pemancar langsung Klik / Centang Button AP, seperti petunjuk Gambar TP Link WA 5210G 1.3 kemudian Klik Next ,
TP Link WA 5210G 1.4
nanti anda akan dihadapkan dengan menu sesuai petunjuk Gambar TP Link WA 5210G 1.4 rubah SSID sesuai selera saya contohkan disitu LANET karna e karena warnet saya namanya itu hehehe, OK lanjut pada  Regional kalo agan orang Indonesia ya indonesia :), kemudian pada Channel "ini sangat penting ,dan harus betul betul teliti, agar tak terjadi tabrakan" bahasa kerennya interfensi jadi cari channel yang masih sangat jarang digunakan atau belum ada yang menggunakan, kemudian pada sisi Mode  sesuaikan gambar juga baik, itu defaultnya settingan TP Link WA5210G dan Klik Next selesai itu anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti dibawah ini klik TP Link WA5210G 1.5 Finish,,, deh !
TP Link WA 5210G 1.5
OK kita lanjutkan sambil merokok 234 dan minum kopi Luak panas, karna disini atau ditempat saya suhu udaranya dingin kayak di Eropa pada musim salju. Errrgghhghgh....!!!!
TP Link WA 5210G 1.6
Pada point atau Gambar TP Link WA 5210G 1.6 anda harus masuk pada Menu Network , klik aja dan masukkan IP Address "saya sesuaikan contoh milik saya" 192.168.0.250 adalah Pengalamatan pada TP Link WA5210G Kemudian pada Subnet Mask disitu saya isikan 255.255.255.0 defaultnya karna sesuai Class IP , dan pada sisi Gateway saya isikan IP Address 192.168.0.1 Ip ini adalah IP dimana terdapat koneksi internet. kalo IP Modem Speedy 192.168.0.1 yah gateway nya harus Ip tersebut dimasukkan NB : sebagai catatan Class IP diatas harus sekelas, tidak boleh lain kelas. hahahaha
TP Link WA5210G 1.7
kita lanjutkan pada Gambar TP Link WA5210G 1.7 gambar diatas saya rasa udah jelas, jika menjadi Pemancar utama dari sisi Modem kita tidak perlu merubah settingan apapun pada menu tersebut, sebaliknya jika ingin menjadi Penerima "Client" maka yang dipilih Client / Penerima + Pemancar yang dipilih atau dicentang Universal Repeater / Pemancar saja "maksudnya adalah Pemancar dari sisi Client" yang dipilih Repeater. yah tinggal dipilih salah satu Button diatas, sesuaikan selera anda, Catatan Penting : Jangan lupa setelah memilih menu menu pada Wireless Mode diatas anda harus memilih Survey disini untuk memilih SSID Akses Point atau Pemancar mana yang ingin di hubungkan / Connectkan
TP Link WA5210G 1.8
Nanti akan muncul tampilan seperti Gambar TP Link WA 5210G 1.8 diatas ini, pilih salah satu SSID  trus Klik Connect, setelah itu jangan lupa di Save
TP Link WA5210G 1.9

TP Link WA5210G 1.10
saya rasa udah jelas ya agan agan semua.

2.  CLIEN

Saya ingin upgrade koneksi speedy dari socialia ke 1 Mbps. Tapi sayang SNR speedy sampai di desa saya kurang bagus. Socialia paling mentok. Jadi meskipun dikasi 1 Mbps, keluarnya tidak akan bisa maksimal.
Solusi yang diberikan oleh telkom adalah dengan memasang antena dari wilayah terdekat yang sinyal speedynya masih bagus. Dan ternyata itu jaraknya 2 KM dari tempat saya.
So, saya akhirnya memutuskan untuk konsultasi dengan pengelola sebuah toko jaringan di Malang. Konsultasi panjang lebar akhirnya diputuskan untuk membeli dua pasang TL-WA5210G beserta antena Grid. Dengan kabel LAN merek belden sepanjang 20 meter x 2.
Hari sabtu, 11 Juni 2011, sehabis memberikan seminar tentang “Pergaulan bebas dan dampaknya” pada mahasiswa semester 6 Jurusan Komunikasi Unibraw Malang, saya segera kembali lagi ke toko itu untuk membelinya. Ya harganya memang ga bisa ditawar, alias cukup mahal… He3… tapi karena sudah memberikan konsultasi, ya sudahlah ambil di situ. Ilmu kan mahal to ? he3… Padahal di tempat biasa saya beli harganya bisa dikasi diskon hingga 10% loh. Tapi mereka ga bisa ngasi advice.
Setelah sampai di rumah, segera saya set. AP utama sudah bisa jalan. AP client yang saya set seperti di petunjuk (petunjuknya irit banget neh.. kurang lengkap). Eh ternyata AP clientnya bisa konek ke AP utama, tapi internet ga jalan.. Wadoh…. Hingga keesokan harinya saya masih ga bisa membuat AP client bisa jalan internetnya.
Saya konsultasikan via YM ke toko tersebut, tapi jawaban CSnya membingungkan. Memang susah ngobrol dengan orang “pinter” itu. Bagi saya yang gaptek dengan hal baru ini tentu jengkel mendapat jawaban yang kurang mengena dan singkat-singkat.
Saya memang bisa setting AP (access point), tapi untuk AP client masih belum pernah.
Ya sudah, akhirnya saya taruh di gudang semua barang-barang tadi dan saya urungkan niat untuk membuat antena. Eh, ternyata ada owner Antarlangit.com yang mengomentari status saya di fb perihal tidak jalannya internet di AP client.
Ternyata setelah mengikuti buku petunjuk, petunjuk itu salah. Di buku petunjuk, untuk konfigurasi Point to Point, maka AP client harus diset di mode AP. Yang bener harusnya di set di mode AP client router.
Oke, berikut ini langkah-langkahnya :
1. Pada AP utama, aktifkan dulu HDCP server supaya memberikan IP secara otomatis pada AP client.
2. Buka utility AP client dengan mengetikkan 192.168.1.254 pada browser. Username : admin, Password : admin. (Jangan lupa untuk mengganti passwordnya!!!)
3. Pada Operation Mode, pilih “AP Client Router
https://lh6.googleusercontent.com/-iUqzMXmysEU/TfTa-46C9GI/AAAAAAAAAhs/itjnw0oWo4k/APclientTL-WA5210G-1.jpg

4. Pada WAN, pilih Dynamic IP
https://lh6.googleusercontent.com/-dNWxVDOsh9k/TfTa-mtrLFI/AAAAAAAAAho/MsNNcvdqaKw/APclientTL-WA5210G-6.jpg

5. Aktifkan DHCP server supaya memberikan IP ke LAN PC Anda secara otomatis. Dan set properties LAN pada PC Anda untuk dapat menerima IP secara otomatis juga.
6. Ubah IP LAN, misal 192.168.3.200
https://lh3.googleusercontent.com/-h5bu8VokTUk/TfTa--IzLYI/AAAAAAAAAhw/N6kdXFiRyFM/APclientTL-WA5210G-2.jpg

7. Pada wireless mode, pilih Client. Lalu geser ke bawah, klik survey. Klik connect. Lalu Save.
https://lh3.googleusercontent.com/-npsSiMdJBg4/TfTbA4hTrhI/AAAAAAAAAh0/vpu7L7XO6-I/APclientTL-WA5210G-3.jpg
https://lh5.googleusercontent.com/-ByLQQkPAecs/TfTbBTEfTTI/AAAAAAAAAh8/iJaSCZi4DGI/APclientTL-WA5210G-4.jpg
https://lh6.googleusercontent.com/-tOo_ni3sXNo/TfTbBciMTcI/AAAAAAAAAh4/ZsnG3V5aVaE/APclientTL-WA5210G-5.jpg

7. Selesai. Sekarang harusnya Anda sudah bisa berselancar di internet melalui AP client yang terhubung via LAN ke komputer Anda.

Untuk settingan pada AP tipe lain, prinsipnya sama saja.

3.  REPEATER

Selamat sore sobat sekalian.. Kali ini saya akan membagi sedikit pengalaman tentang cara seting Wireless Router TP-LINK TL-WA5120G sebagai Repeater..
Repeater sendiri berfungsi sebagai penguat signal dari Access Point utama.. Bagi sebagian orang, tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan untuk setting Wireless Router ini sebagai Repeater..Untuk pengaturan TL-WA5120G sendiri tidak terlalu sulit.. Tapi jika belum mengenal radio ini atau belum mengenal jaringan (seperti saya) tentunya terasa sangat sulit.. :) Setelah mencari cara dengan dibantu simbah gugel (red: google) akhirnya bisa juga setting access point ini sebagai repeater..
Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya setting TP-Link TL-WA5210G menjadi repeater:
  • Masuk ke webconfig dari TPLink TL-WA5210G. (Dari browser buka ip default TPLink di http://192.168.1.254)
  • Kemudian Klik pada Menu Wireless Mode (Gambar 1 nomor 1)
  • Lalu Klik pada pilihan Repeater (Gambar 1 nomor 2)
  • Pilih Survey (Gambar 1 nomor 3)
  • Akan keluar SSID Access Point yang tersedia (Pilih SSID Access Point utama kita) (Gambar 2)
  • Lalu kita pilih Save.
  • Biasanya router akan melakukan reboot atau restart untuk mensetting konfigurasinya.
  • Selesai
Tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan bukan?? Tapi tunggu dulu.. Langkah ini belum selesai apabila kita menggunakan Userlogin untuk wireless AP Utama (Biasa penyedia layanan RT/RW Net).. Karna pada Radio utama atau yang akan kita perkuat signalnya harus di beri tambahan pengaturan WDS.
Karna Access Point utama saya menggunakan Nano Station 2, maka akan saya pandu cara nya dengan contoh AP Utama yang menggunakan Nano Station 2.
Berikut adalah cara setting WDS pada NS2:
  • Masuk ke webconfig NS2 (misal http://192.168.3.1)
  • Kemudian pilih tab Link Setup
  • Pada pilihan di Wireless Mode pilih Access Point WDS (Gambar 3)
  • Pada isian WDS Peers, isi dengan MAC Address Repeater kita.
  • Klik Save
  • Biasanya router akan melakukan reboot.
  • Selesai
Selesai sudah kita mensetting TPLink TL-WA5210G sebagai repeater dari Nano Station 2.
Berikut ini adalah gambar untuk mempermudah totorial pada artikel ini:
Router TPLINK TL-WA5210G
Gambar 1


Sumber :  dari berbagai sumber



Reaksi:

34 komentar:

  1. disekolah saya ada 2 buah 5120. mau dikoneksikan. karena keduanya menghubungkan 2 lab komp terpisah putra dan putri (pesantren). bagaimana setting yang pas di keduanya?
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Maaf baru balas, karena kesibukan mebangun jaringan hotspot, setingnya satu acces point dibuat mode acces point yang satu dibuat client, semoga dapat membantu, terima kasih dah mampir....

    BalasHapus
  3. masbro bisa ga ya 1unit AP di buat menjadi client sekaligus repeater ?

    BalasHapus
  4. Terima kasih dah mampir di blog ini.

    bisa,...... settinganya jika ap TP Link maka setingan setingan di sisi client menggunakan wireless mode repeater. tetapi jika Ap Merek lain maka sisi client wireless mode menggunakan universal Repeater.... semoga bisa membantu...

    BalasHapus
  5. Jika pilih mode repeater, berapa jarak boleh cover oleh 5120g ini? Berapa jarak antara router dengan repeater? Boleh dapat 500m kah?

    BalasHapus
  6. Buat Fnd Rahman,..... Terima kasih dah mampir ke Blog ini.
    Jika Pilih Mode Repaater maka dia bisa mengcover area di depan antena Sectoral kurang lebih 300 Meter dengan client Laptop tapi jika di belakang antena sectoral kurang lebih 150 Meter. tapi jika client menggunakan tp Link 5210 g lagi maka jarak akan sama. seperti Ap Utama. semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  7. kalo mau connect ke hotspot yang terpassword gimana settingnya gan?

    BalasHapus
  8. Buat diklatpim49diy makasih dah mampir ke blog ini.

    ya kalau untuk client supaya bisa connect yah harus sama security nya WEP atau WPA nya. begitu juga untuk laptop. tapi kalau mau crack lain lagi ceritanya.... he he

    BalasHapus
  9. bagaimana setting 4 AP + 1 modem adsl?

    BalasHapus
  10. Buat rafi setiawan terima kasih dah mampir, Modem ADSL juga berfungsi sebagai Router yang bisa memberikan Ip kepada masing-masing Radio/Client. jadi dari Modem ADSL masuk Ke switch HUB dari Hub masuk Ke 4 Acces point.. selamat mencoba semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  11. bang...aku sdh ikuti petunjuk diatas tentang repeater...TL-WA5120G sdh terhubung ke AP utama yg masalah cuma 1 user aja yg bisa login hotspot yg lain tidak dapat IP address...ini susunan net aku....
    >> Speedy >> Mik RB750 >> Linksys WRT54G (AP Utama) >> Switch utk ke PC >> TL-WA5120G sebagai penguat signal AP utama ....tolong dibantu bang....

    BalasHapus
  12. gmna caranya tau gateway yang sy pake ?
    soalnya sy bingung mau pake apa disitu?
    info: sy mau buat tp link ini sbg pemancar buat rt/rw net. cuman blm konek klo browsing, tp signal udah muncul di laptop

    BalasHapus
  13. Mau tanya mas.... berapa tinggi yang ideal untuk jarak 1 km ? apakah 12 meter sudah cukup ? terima kasih

    BalasHapus
  14. Terima kasih buat Achmad dah mampir di blog ini. maaf baru sempat membalas, maklum sibuk dilapangan. jika dilihat dari susunanya coba di cek ulang setingan mikrotik rb750 nya. kemungkinan ada yang terlewat.

    BalasHapus
  15. Buat Zool kifli, kalau hanya ingin mengetahui gateway coba di run kemudian ketik cmd lalu ketik ipconfig disitu akan muncul. terus isp nya pake apa?... speedy atau yang lain..... soalnya kalau pake modem speedy DHCP nya dah automatic jadi tinggal di colokon ke modem Radio Acces point bisa detect ip dan gateway nya. semoga bisa membantu...

    BalasHapus
  16. Mau tanya mas di tempat saya ada sinya wifil tapi cuma 1 garis, saya sudah membeli tl wa 5210 g, gimana langkah agar alat tsb berfungsi sebagai repeater

    BalasHapus
  17. terima kasih buat amir bejo dah mampir. saya akan coba membantu. panggil radio dari google chrome atau mozila ketik 192.168.1.254 tapi terlebih dahulu ip computer atau laptop yang akan kita gunakan untuk memprogram radio kita set ip secara manual. dan harus sekelas dengan ip radio misal 192.168.1.100 sub net 255.255.255.0 . Jika dah terpanggil maka akan minta user dan password masukan saja pasword standard admin dengan admin. lalu pilih quit setup next saja terus sampai selesai. maka akan boot biarkan sudah selesai. jika sudah selesai pilih menu wireless kemudian wireless mode. (jika acces point yang mau kita conekan merek TP-Link maka menggunakan repeater jika lain merek maka menggunakan universal repeater) pilih satu mode diatas. lalu survey lalu conect. lalu save. maka akan reboot. tunggu smpai selesai. setelah jika ap menggunakan security maka security yang dipake adalah WEP. karena jika menggunakan type yang lain seperti WPA dan PSK makan tidak support dengan repeater. isikan securitynya yang ada di menu wireless security lalu save akan reboot. setelah selesai coba lihat di menu status, jika sudah ada signal berarti repeater dah berfungsi. semoga dapat membantu.

    BalasHapus
  18. mas baru dapet hibah TL-WR543G pengen tak jadiin repeater, kebetulan depan rumah ada free hotspot, entah mengapa saya mau ngikutin langkah sampean yang pertama mau login aja g bisa bisa... itu RJ45 nya di conect-in ke laptop dulu atau via wifi sih mas kalau mau nyeting. kalau di conect-in masuk lubang yg mana ya, kan di AP nya ada lubang WAN, terus angka 1,2,3,4. kalau via wifi connect kemana.. terus saya harus gimanaaaa.. tolongg tolongg arrggghh! *Nyempungsumur

    Maturnuwun

    BalasHapus
  19. mas bro, mau tanya.. kan AP nya udah dijadikan wireles, bisa gak di kasih pasword...jd orang lain gk bisa login tanpa pasword yang kita gunakan pada AP...

    BalasHapus
  20. antena TP Link WA5210G sdh terlanjur terpasang.sebelumnya pada operation mode sy klik AP Client Router,bisa masuk tapi gak bisa conect internet.setelah sy setting ulang,pada operation mode sy klik AP Router.setelah save mala tidak bisa akses sama sekali.Katanya suruh reset,tapi antena sdh terlanjur terpasang 12M,bagaimana caranya reset tanpa panjat tiang antena

    BalasHapus
  21. Terlanjur pilih Ap Client? akses aja gan lewat wireless laptop. jangan lewat kabel LAN.

    BalasHapus
  22. masbro , cara untuk nyambung internetnya gmn ??? sinyal dah bisa di terima, cuma internetnya gag bisa.

    BalasHapus
  23. Aku punya topologi spt ini :
    modem----swicthub----Accespoint 1------Accespoint 2

    Kondisi saat ini :
    1. Modem TP LINK by telkom
    2. Switchub TP LINK
    3. AP 1 Dan 2 TP LINK WA500G
    4. Switchub dihubungkan dengan 4 PC dan AP 1 menggunakan Kabel LAN
    5. AP 1 di hubungkan dengan 4 laptop melalui WIFI
    6. AP 1 ke AP 2 di hubungkan melalui wireless jarak 50m
    7. AP 1 Mode Acces Point dengan SSID di Password
    8. AP 2 Mode Repiter menagmbil MAC dari AP1
    9. AP 2 di hubungkan dengan 4 laptop melalui WIFI dan 4 PC dengan kabel LAN

    Permasalahan :
    4 PC yang dihubungkan dengan AP 2 menggunakan kabel LAN tidak bisa konnek dengan internet alias internet mati/disconect, padahal untuk yang menggunakan laptop bisa konek. Apa memang settingnya yang keliru atau bagaimana?
    Mohon pencerahannya....
    Terimaksih.

    BalasHapus
  24. PTP masing masing 5210 menggunakan antena internal maksimal jarak berapa kilometer dengan kondisi LOS pak?

    BalasHapus
  25. saya menggunakan tp link wa5210g dua unit, yang satu saya setting sebagai ap terkoneksi ke jaringan vsat, sementara satu nya lagi di setting sebagai client, tetapi di sisi client conec tetapi tidak bisa di gunakan intrnet nya nya, mohon bantua nya apakah ada yang kurang dari settingan nya

    terima kasih

    BalasHapus
  26. keren bged ni kunjungi blik http://vautsanxplanvrends.blogspot.com/

    BalasHapus
  27. Saya mau tanya bagaimana seting tp link wa5210g sebagai AP router. Atau di seting sebagai Client router? saya sudah sempat mencoba untuk menseting menjadi AP router selalu gagal dan alat ini cuman bisa saya setting menjadi AP saja. Kare ip yang didapat pada cliet sama dengan ip wan yang saya isikan. Mohon yang sudah berhasil setting menjadi AP router dibagi pengalamannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  28. asslm wr wb...mas sya mw tanya klo untuk jarak yg dicover 5210g tanpa antenna grid berapa jauh ya????soalnya sy mw buat point to point dengan 5210g,jarak kurang lebihnya klo ditarik garis lurus sekitar 500m, mohon solusinya mas trims....
    wasslm wr wb

    BalasHapus
  29. mas aku sebagai pelangan wifi agar pc . hp. leptop bisa conek gimanacara seting yaaaa
    1 wifi tp link 5210 g di anten ketingian 20m
    2 ruter asus rt-n10
    bagamana mas setingya......

    BalasHapus
  30. booz saya punya tp link wa5210g. sebelumnya sudah pernah di gunaka. ketika saya mau install ulang qo tdk bisa yaa ?

    saya sudah menggunakan ip leptop 192.168.1.100
    lalu ke broser dengan ip 192.168.1.254
    tetap tidak konek hanya loding...

    ap tp link saya rusak ?

    lalu kabel Lan yg harus di gunakan menggunakan cabel
    Cross atau Stret yaa

    tks

    BalasHapus
  31. mohon bantuan mas….
    saya menggunakan tp link wa5210g sebagai client dari AP utama yang menggunakan suser name, password yang selama ini saya gunakan via pc. maksud saya saya mau bikin hotspot sendiri dari wa5210g ( secondary AP ) menggunakan tambahan Asus RT-N10 untuk nyebarin signal wifi, tapi setelah saya coba kok gak bisa ya ? mohon bantuannya langkah2 settingnya step by step berhubung saya masih AWAM pada jaringan.
    -Terima Kasih-

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  33. Sorry, i don't understand image 7. can you show me again about repeater wifi of it. thank.

    Tags: repeater wifi

    BalasHapus
  34. om pengen tanya
    AP utama 5110 pake password,terus ane pake 5210 sebagai reapeter,tapi kendalanya kadang kalau laptop di konekkan kadang bisa kadang gak,beda lagi kalau AP utama tanpa password reapeter lancar

    BalasHapus